Posted in baking, The Journey...

Choux Pastry alias Kue Soes

Choux pastry atau yang biasa dan familier disebut kue soes ini adalah jajanan legendaris yang hampir semua toko kue baik yang ada di pasar tradisional sampai bakery terkemuka pun ada… dan ternyata cara membuatnya pun gampang-gampang susah…, susah bila kita tidak benar-benar mengikuti instruksinya dan sangat mudah bila kita mengikuti setiap langkah-langkah cara pembuatannya, jangan pernah mencoba untuk mengurangi atau menambah takaran yang ada dalam resep apabila anda masih sangat pemula seperti saya….karena sudah saya buktikan sendiri adonan choux pastry yang tidak mau mengembang…hahahaha… *sedihnya tuh disini* ( sambil nunjuk kantong dompet yang tekor akibat resep gagal) , ya itulah membuat kue…sekalinya anda ingin mencoba berarti anda harus mempersiapkan segalanya termasuk kegagalan resep…dan prinsip “practice make perfect” memang benar adanya dan saya pegang prinsip itu setiap berencana ingin membuat apapun masakannya

Oke lanjut ke choux pastry, sebenarnya jajanan ini saya buat  berdasarkan wejangan dari Mama Mertua yang memang sudah lama sekali memberikan ide ke saya untuk membuat jajanan ini untuk anak2….tapi saya masih belum berminat mengingat jajanan ini adalah jajanan sedikit “basah”(ada isian fla) yang pasti anak2 tidak terlalu suka…maka lama saya skip dalam antrian daftar menu “percobaan” baking saya…sampai suatu hari saya kehabisan ide dan bahan dan yang teringat adalah saran Mama Mertua untuk membuat soes dan itupun percobaan soes saya gagal!! Hanya karena saya mengabaikan memasukkan telur ke adonan yang benar-benar sudah dingin…, YAK….!! Kunci keberhasilan membuat choux pastry/soes adalah memasukkan telur dalam adonan yang dalam keadaan sudah dingin, CATAT YA….!!!memasukkan telurnya harus pada saat adonan terigu dan margarin dalam keadaan sudah dingin…dan terigunya pun juga harus dimasukkan langsung semuanya kedalam cairan margarin cair yang masih dimasak diatas api kompor yang menyala, kalau anda sudah lakukan itu…InsyaaAllah choux pastry akan mengembang dengan sempurna dan cantik…

Kali ini saya pakai resep dari Bu Fatma Bahalwan-NCC , dan untuk kulit soes yang dihasilkan dalam resep bu Fatma-NCC ini adalah kulit soes jenis yang setelah dingin dia cenderung empuk…, namun bila anda menginginkan kulit soes yang lebih kering dan chruncy seperti milik toko soes “P*P* Soes” maka anda bisa me-skip bahan gula yang ada (resep bisa diklik disini),   berikut resep bu Fatma yang sedikit saya rubah pada resep fla-nya :

SUS ISI FLA

by Fatmah Bahalwan

Dimodifikasi oleh : Dhee2n

Bahan Kulit:
225 ml        air
100 gr        margarin
1 sdm         gula pasir
125 gr        tepung terigu protein tinggi
4 btr           telur

Cara membuat:
1.Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
2.Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
3.Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya. DAN JANGAN    PERNAH MEMBUKA OVEN KETIKA KULIT SOES MASIH BELUM MENGEMBANG KOKOH , kalau tidak ingin kulit soes anda tiba-tiba langsung mempis alias kempes.

Bahan Vla:
700 cc        susu cair
175 gr        gula pasir
50 gr          tepung terigu
¼ sdt          garam
2 btr           kuning telur
1 sdm         mentega
75 gr.          keju cheddar parut

Cara membuat:
1.Cairkan terigu dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, cairkan dengan sedikit susu, satukan dengan cairan terigu, sisihkan.
2.Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran terigu dan keju parut, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Angkat. Panas-panas, masukkan 1 sdm mentega, aduk rata. Tutup permukaan vla dengan plastik agar vla tidak “berkulit”, biarkan hingga dingin.

Penyelesaian:
1.Sobek atau gunting sedikit setiap kulit sus.
2.Masukkan vla kedalam plastik segitiga, isikan pada kulit.
3.Taburi dengan gula halus

Dan diluar dugaan saya…anak-anak sangat suka…terutama kulit choux pastrynya yang cenderung gurih, jadi sebelum diisi fla kulit soesnya sudah berkurang banyak… Hihihi…

Selamat mencoba ya….

 

 

Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a comment