Posted in cooking, The Journey...

OMG…, ini enak sekali..!! NggaweDewe Fire Chicken Wing ala Richeese

Hari Sabtu pas banget suami lagi ga enak badan…,  anak-anak juga pada ga semangat buat diajakin jalan…. Terlebih bundanya yang dari kemarin lemas letoy tak berdaya *dramak hahahaha, yayaya…bundanya rada dramak sih… Gimana ga drama la wong dalam keadaan flu begini aktivitas gedombrengan di rumah juga tetap harus jalan… Pengen sih sesekali gitu emak sakit dipijitin ama seisi penghuni rumah… Tapi sepertinya cuman khayalan… Hakhakhak yaaak emak mulai lebay…

Karena seisi rumah sedang malas2an…kayaknya pudar sudah keinginan emak yang pengen kuliner makan pedes-pedes buat ngilangin flu yang melanda… Buka tutup kulkas yang tersisa hanya sayap ayam yang tinggal beberapa biji saja…. Dan lagipula anak2 juga ga bisa makan ayam negeri… Alergi kata dokternya… Itu kata dokternya sih… Hihi

Gegara kebanyakan buka tutup kulkas ini akhirnya muncul ide bikin cemilan yang gimana caranya bisa sampe bikin beler-beler cantik… Ada sayap ayam… Ada bumbu BBQ dan ada sambel serta cabe bubuk…. Oke… Fix saya bikin fire chicken wings ala richeese aja lah….

Sambil nguplek-nguplek resep dimbah google,  nemu resep dari JTT resep andalan dikala kefefet…. Kali ini saya copast ajalah ya resepnya biar ga pake lama keburu mbelernya.. Hihi

  resep fire chicken wings ala richese recook by dheedheen

Bahan:

– 10 potong sayap ayam, potong menjadi dua bagian

– 1/2 sendok teh garam

– 1/2 sendok teh merica bubuk

– 1 sendok makan tepung beras

– 3 sendok makan tepung terigu protein sedang/serba guna

– 1 sendok makan tepung tapioka

– 2 sendok makan tepung maizena

– 1/2 sendok teh baking powder/baking soda

– 1 butir telur kocok lepas

Saus, aduk menjadi satu:
– 2 siung bawang putih, parut halus

– 4 sendok makan saus tomat botolan

– 5 sendok makan saus sambal botolan or saus bbq

– 1 sendok makan bubuk cabai

– 1 sendok makan kecap asin/soy sauce

– 1 sendok makan saus tiram

– 2  sendok makan gula palem bubuk/gula pasir

– 1 sendok teh rice vinegar atau apple cider vinegar atau 1/2 sendok teh cuka masak biasa

– 1  sendok makan minyak wijen

Cara membuat :

– marinate sayap ayam dengan garam dan merica selama 3jam

– keluarkan ayam yg sudah dimarinate tadi dan campurkan dengan adonan pertepungan tadi..masukkan dalam kocokan telur sebentar lalu masukkan kedalam adonan tepung lagi.. . Lalu goreng dalam minyak panas,  hingga kecoklatan,  tiriskan. 

– setelah dirasa minyak ayam tidak telalu panas maka bisa langsung dimasukkan kedalam adonan saus,  aduk rata dan siap dihidangkan…. 

Fire chicken ini lebih enak disantap kerika masih hangat…,  ditemani dengan sepiring nasi hangat pun akan lebih nikmat. 

Selamat mencoba… 


Advertisements
Posted in cooking

Seblak…the Sundanesse Food…

beberapa hari ini rasanya banyak banget yang posting tentang seblak…, seblak nama yang asing buatku karena namanya seperti mempunyai makna “memukul” bagiku….trnyata seblak ini adalah makanan asal Bandung…oh pantesan aku ga pernah tau..hihihi, yang aku tau sih cuma siomay ma karedok aja yang dari Jawa Barat…hihihi *mangutmanggut*

Seblak ini katanya sih lagi booming banget…dan yang menakjubkan bagiku ternyata makanan ini berbahan baku kerupuk…walaaaah….jadi pengen bikin deh apalagi semua kerupuk bisa digunakan sebagai bahan bakunya..,meskipun di resep aselinya harusnya berbahan baku kerupuk aci atau kerupuk bawang…

Mudah, murah dan lezat…pas banget nih buat masakan tanggal tua…hahahahaha….oke ini dia bahan-bahanya…

Seblak Basah

Bahan:
100 g kerupuk sagu mentah, warna putih > aku pakai kerupuk makan yang warna putih
2 sdm minyak sayur
6 butir bakso sapi, iris tipis
1 butir telur ayam, kocok lepas
1 batang bawang daun, iris halus
seperempat kilo ceker ayam yang sudah
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam> aku skip
50 ml air
Bumbu, haluskan:
10 buah cabai rawit merah
3 siung bawang putih
3 cm kencur
2 butir bawang merah
Taburan:
Bawang merah goreng

Cara Membuat:
Rendam kerupuk dalam air panas hingga kenyal (± 10 menit), tiriskan. Sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.  Masukkan bakso sapi dan kerupuk yang sudah direndam, aduk rata.
Tuang telur kocok, aduk cepat hingga berserabut. Tambahkan bawang daun, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata.
Tuang air, masak sejenak hingga semua bahan matang. Angkat. Sajikan dengan bahan taburan.(f)

Untuk 6 porsi
135 Kkal

image

mudah bangetkan….., resepnya aku contek dari femina… bisa diklik disini

Dingin-dingin makan yang panas-panas dan pedas, bisa ditambah nasi putih atau langsung dimakan …..hmmmm sedaaap…