Posted in baking

Japanese Roll Cake with Chevron ZigZag Pattern

#LatePost Morning weekend…

Rencananya cake ini saya buat untuk saya bawa ke arisan Pagi tadi…., bawa potluck sekali-sekali ke arisan Ibu-ibu teman2 sekolahnya anak-anak, tapi rencana tinggal rencana…la wong cake ini udah ketahuan anak-anak duluan…, sambil ngintip ke kotakan yang sudah saya siapkan *aduh* dalam hati saya…, sudah saya wanti-wanti anak-anak supaya jangan menyentuh kotak kuenya…tapi alhasil mereka berdua lebih cekatan daripada saya…., pas saya tinggal sebentar ke kamar tetiba si menik udah colek-colek aja itu cake…laaah…udah cowel separuhlah….hahahha….aaah menyerahlah saya pada mereka….. Sambil berkata dalam hati….”maaaf ya mama Eza, besok2 deh saya bikinkan lagi” hihihi…

Japanese cake Roll ini emang enak banget cakenya…lembut dan kenyal…tidak bau telur dan bukan tipikal cake berat yang bikin seret or kering ditenggorokan, tidak terlalu manis…dan memang cake seperti itulah yang disukai anak-anak saya…., karena pada dasarnya mereka tidak menyukai cake yang berat, kering dan manis…coba aja saya bikin cake dengan tipe berat dan manis…pasti cuman abis sepotong dan setelah itu ya bye-bye…

Japanese roll kali ini saya pake resepnya hesti’s kitchen…sudah saya pake resep dari hesti’s ini berkali-kali…dan hasilnya tetap memuaskan…belum mau pindah kelain-hatilah pokoknya…

Berikut resep Japanese Roll cake dengan motif chevron zigzag yang saya dapatkan inspirasinya dari pinterest…

Japanese Roll Cake with Chevron ZigZag  motif :

By Hesti’s Kitchen

REBAKED by Dhee dheen

Bahan :
Adonan I
– 5 butir kuning telur
– 50 gr gula pasir
– 40 cc minyak goreng
– 60 cc air
– 80 gr tepung terigu

Adonan II
– 150 gr putih telur
– 40 gr gula pasir
– 15 gr tepung maizena
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt vanili

Adonan untuk membuat motif :
– 40-50 gr putih telur
– 10 gr gula pasir
– 5 gr tepung maizena

Filling :
Buttercream yang diberi pewarna makanan oil based warna pink rose dan dicampuri keju cheddar parut

Cara Membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 170 – 175 derajat celcius. Siapkan 1 buah loyang ukuran 22X22X5cm atau 1 buah ukuran 24X24cm (bila ingin agak tipis cakenya). Poles bagian bawah dan pinggiran loyang tipis saja dengan sedikit butter/margarin (hanya untuk melengketkan kertas roti saja). Lalu beri alas kertas roti pada bagian dasar dan pinggiran loyang, tidak usah dipoles mentega/margarin lagi. Buat motif yg diinginkan di alas loyang yang telah dialasi kertas roti.
2.Buat bahan adonan I . Kocok kuning telur, vanili dan gula pasir hingga mengembang kental. Kocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, kocok rata. Masukkan tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga rata dan kental. Sisihkan.
3.Buat adonan motif. Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak. Masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur rata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer.
4.Ambil sebagian adonan I, kira kira 4-5 sendok makan, masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif, aduk ringan merata. Beri pewarna merah. Aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag.

How-to-make-a-Chevron-Cake-Roll
sumber dari Pinterest

5.Gambar motif chevron zigzag lalu panggang motif selama 1 menit. Keluarkan dan sisihkan.
6.Buat adonan II. Kocok putih telur + sebagian gula pasir + garam hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, kocok rata.
7.Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dalam adonan I, aduk balik. Tambahkan sisa semua adonan II, aduk balik hingga rata.
8.Ambil loyang yang telah diberi motif, tuangkan adonan cake di atasnya. Ratakan, hentakkan pelan beberapa kali loyang adonan untuk meratakan adonan hingga ke dasarnya dan menghindari udara yang terperangkap supaya tidak muncul gelembung.
9.Panggang dengan suhu sekitar 170-175 derajat celcius kurang lebih 15-20 menit hingga matang kecoklatan permukaannya.
10.Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang.
11.Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling, lalu gulung rapi, bungkus rapat dengan kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di lemari es hingga set. Siap disajikan.

Naaah….sebelum motif chevron zigzag ini saya sudah pernah membuat cake ini dengan motif rainbow, jadi sedikit banyak sudah hapal…..laah..gegara sok hapal inilah ada accident dikit…,saya lupa memasukkan maizena ke adonan II sodara-sodara….baru saya sadari setelah selesai semuanya dan akan memulai beberes peralatan perang ke tempat cucian piring….dipojokan saya temukan semangkuk tepung yang sudah saya persiapkan namun ketinggalan…daaan setelah saya ingat-ingat ternyata itu adalah tepung maizena yang seharusnya masuk di adonan II , jiaaaaah……cakenya udah jadi…udah set difiling dengan buttercream dan ternyata maizenanya kelupaan….hahahhaha…, untunglah ini maizena ga terlalu signifikan ke-cake’nya…, ga bikin bantat dan kue tetap kenyal dan lembut tanpa pengembang… Cihuiii….

SELAMAT MENCOBA YA….

Picsart2015-04-12--22-09-21

Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a Reply

