Posted in cooking

“Asem-asem Bandeng” untuk menyambut datangnya musim hujan

2015_11_06_17_03_38_OneShotWiiiih….Malang hujan deras dua hari ini…ga tanggung-tanggung, hujannya deras…deras banget…Alhamdulillah…entah kenapa saya selalu suka suasana hujan…meskipun kehujanan  dan bakalan kotor semua baju bawahan tapi saya tetap suka…suka dan suka…adem dan bikin pikiran rilex kalau dengar rintikan / guyuran hujan…

Sama seperti hari ini, hujan deras sekali…meskipun gerah masih menghantui ( hujan atau horor sih sebenarnya ini…hihihi) tapi melihat diluar jendela jadi teduh rasanya…but…olala…kok perut tiba-tiba lapar lagi….mengingat tadi abis makan separuh roti bekas gigitan si menik yang tak habis , hmmmm….jadi makan apa kita siang ini….*sambil buka tutup lemari es* , eh ada bandeng ternyata….tinggal cari tomat aja deh…siapa tau nemu bisa jadi asem-asem ikan bandeng nih….dan ternyata nemu!!

Wah wez siip lah…semua bahan ada, tinggal mengumpulkan nyali aja nih…nyali masak itu perlu dikumpulkan klo buat aku…soalnya kadang2 kalau sudah melirik tumpukan piring kotornya yang bakal terjadi adalah rasa malas dan bubarlah acara masak memasak hari ini…hehehehe, untung lah ga sampe kejadian….masih semangat …semangat karena rasa lapar semakin menjadi-jadi…hahahha…

Oke, kali ini aku milih masak “Asam-asam Ikan Bandeng” bumbunya mirip banget sama garang asem…bedanya ga pake kukus mengukus pake daun pisang segala…jadiii tinggal plang plung

Bahan-bahan :
6siung bawang merah, iris tebal-tebal
4 siung bawang putih, iris tebal
1 batang sere, ambil putihnya saja
1-2buah tomat merah besar potong 4 bagian
4 buah tomat hijau atau blimbing wuluh/sayur potong jadi dua bagian
4lembar daun jeruk nipis, buang tulang daunya
2 buah cabe merah besar buang bijinya, iris menyerong (klo mau pedas bisa dimasukkan cabe rawit utuh)
Garam , gula secukupnya
Air kuranglebih 1000ml
1 Bandeng ukuran besar, potong 3-4 bagian, cuci bersih lalu kucuri dengan air jeruk lemon/jeruk nipis, rendam selama 15-30mnt

2015_11_06_16_12_12_OneShot

Cara membuat :
Panaskan 2-3sdm minyak, masukkan bawang merah+putih tumis sampai harum
– masukkan sere, daun jeruk dan tomat serta belimbing sayur/tomat hijau, tumis
– lalu masukkan air, masak hingga mendidih kemudian masukkan bandeng, gula garam…asatkan sedikit airnya hingga bandeng matang
Matikan kompor, dan hidangkan dengan nasi putih hangat…syedaap….

Advertisements

Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s