Posted in The Journey...

Mari memasak “Pepes Ayam Hati Ampela”

2015-04-11--11-23-39

Jam 8.45 saya sudah nongkrong manis aja disekolah anak2, apalagi alasannya kalau ga cari parkiran lebih awal…karena memang sekolah anak-anak saya belum punya lahan parkir yang bisa menampung banyaknya mobil dari walimurid, bayangkan aja…jalan kompleks perumahan yang diisi mobil-mobil besar nan mewah…mulai dari CRV terbaru, Alpard, HRV hingga mobil mungil cantik ala-ala hello kitty ada semua dipinggir jalan menunggu malaikat-malaikat kecil ini pulang sekolah…jumlah siswa yang lebih dari 100 siswa dan kebanyakan dijemput oleh mobil-mobil besar yang isinya satu anak satu mobil…, ga kebayang kan betapa rame dan penuhnya itu pinggir jalan komplek hanya untuk menjemput anak2 mungil ini pulang sekolah dan tiap pagi mengantarnya…hehehehe…

oke, waktu saya hanya 15menit untuk menyelesaikan tulisan ini sebelum mereka keluar jam 9 teng dan hape saya pasti disita untuk main game sama anak2

Ayam…bahan yang paling mudah ditemukan ditukang sayur maupun dipasar…, kali ini saya membeli ayam kampung yang ada ditukang sayur dengan besaran yang tidak terlalu besar…ya karena jumlah penduduk tumah hanya 4 orang saja jadi tidak perlu cari yang besar-besar ( hihihi…pembenaran diri), untuk sementara saya tertarik dengan resep pepes ayam , karena memang saya sudah lama pengen mengenalkan ke lidah anak-anak bahwa diluar sana ada bermacam2 menu Indonesia yang super duper lezat selain sayur bayam, sayur asem, ayam goreng dan juga menu-menu western yang mereka suka, maka dari itu pepes ayam ini saya buat tidak pedas sama sekali, saya buang setiap biji cabe yang ada dan saya cuci bersih cabenya agar tidak ada sedikitpun rasa pedas dilidah…, ini dia resep pepes ayam yang saya dapat lagi-lagi dari googling, dan ini resepnya :
Bahan Pepes Ayam hati ampela
1 kg Ayam potong menjadi 15
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
100 gram kemiri
10 cm kunyit
5 buah cabe merah (kalau suka)
2 ruas jahe
Santan sedang kurang lebih 1 liter
Cabe rawit biarkan utuh ( saya skip)
Daun salam, sereh. daun kemangi secukupnya,laos 2 ruas jari dipotong-potong tipis
Garam,gula putih
Daun pisang secukupnya
Cara Membuat Pepes Ayam:
1. Bawang merah,bawang putih,kemiri,kunyit, cabe merah dan jahe di haluskan.
2. Tumis hingga harum,masukkan ayam,beri santan.garam,gula putih
3. Masukkan sereh dan salam; biarkan sampai santan meresap dan tidak berkuah lagi
4. Masukkan dalam daun setiap potong ayamnya, di tambah daun kemangi,laos
5. Kukus dahulu pepes ini selama 1 1/2 jam, sajikan
‪citarasa pepes ayam hati ampela ini sungguh sangat menggugah selera fan tidak ada aroma pedas maupun rasa pedasnya sedikitpun meski dalam bahan mnggunakan cabe merah besar, ini sudah saya buktikan ke anak saya yang sulung, dia peka sekali dengan masakan spicy sekalipun itu hanya pedas merica atau lada dan dalam masakan ini dia sama sekali tidak protes kepedasan…itu artinya sukses saya memperkenalkan menu ini ke anak-anak dan itu artinya makanan ini bisa dicoba lagi tapi dengan isian yang berbeda…hehehe

Selamat mencoba

PEPES AYAM HATI AMPELA
PEPES AYAM HATI AMPELA
Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

One thought on “Mari memasak “Pepes Ayam Hati Ampela”

Leave a Reply

