Posted in cooking

Goyang “Bistik” Lidah

2015_11_03_12_10_55_OneShot

Dari awal kehamilan anak pertama saya memang pernah berkomitmen akan membuat sendiri setiap asupan makanan yang dimakan anak2, selain irit saya juga bisa memilih sendiri bahan-bahan apa yang akan digunakan…, selain alasan klise soal kebersihan tentunya…tapi memang itulah keadaannya, bahkan dulu setelah anak pertama lahir dan saya masih bekerja dikantor bank Swasta pun saya berusaha gimana caranya saya tetap memasak menu sendiri, walaupun kenyataannya masih jauh…jauuh ..jauh dari sempurna…karena ketika saya kelelahan dengan ending ritual memasak yaitu cuci piring, terpaksa saya ikutan katering menu anak2 ( akibat ga ada pembantu waktu itu, jauh dari orangtua dan dua anak-anak yang masih bayi) heheheh

Dan gara-gara hobby saya yang doyan nguprek didapur ini, Pak Tukang sayur jadi suka banget nawarin saya jualannya yang “aneh”, seperti kali ini dia bawa burung dara dan lidah sapi, dasarnya saya juga yang susah menolak akhirnya lidah sapi seberat 1kilo 2ons nongkrong manis didapur saya…, ga pake lama2 langsung aja saya gugling resep bistik lidah dan cocoklah pas ketemu resep di webnya tabloidNOVA , hehehe

Bahan:
500 g lidah
2 cm jahe, memarkan
1,5 L air
3 siung bawang putih, memarkan
1 sdm kecap Inggris
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk
750 ml air
100 gram margarin
Bahan Saus:
½ sdm margarin
½ bh bawang bombai, iris panjang
1 sdm tepung terigu
250 ml kaldu daging
½ sdm saus Inggris
2 sdm saus tomat
1 sdt kecap manis
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt gula pasir

Bahan pelengkap : Potongan wortel, kentang dan buncis, rebus setengah matanag, angkat tiriskan lalu panaskan wajan teflon masukkan rebusan sayur yang sudah direbus tadi kecuali kentang…, taburi garam, sedikit gula dan merica…tumis tanpa minyak sampai air dalam sayuran mengering ( hati2 gosong ya…hehehe) , untuk kentangnya bisa digoreng biasa dengan minyak atau dengan margarin

Cara membuat :

Rebus lidah bersama 1,5 liter air dan jahe sampai empuk. Angkat dan kupas kulitnya, potong – potong melebar.
2. Rebus lagi lidah bersama 750 ml air, bawang putih, kecap Inggris, garam, merica bubuk, dan pala bubuk sampai meresap. Tiriskan.
3. Panaskan margarin. Goreng lidah sampai kecokelatan, sisihkan.
4. Buat saus dengan memanaskan margarin, tumis bawang bombai hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Tuang kaldu daging sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.
5. Masukkan saus Inggris, saus tomat, kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai kental dan matang. Angkat.
6. Sajikan bistik lidah bersama  dan pelengkapnya.

karena ini sebetulnya menu anak-anak jadi penyajian realnya saya tambahkan nasi dan saya kurangi porsi kentang gorengnya…hehehehe…gampang kan…

Selamat Makan Indonesia

Bistik Lidah
Bistik Lidahhe
Ba
Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a Reply

