Posted in cooking

Iga Asam Manis yang menggoda…



Idul Adha sudah hampir lewat satu bulan jatah daging dari masjid sudah ludes, sebagian aku bagikan lagi sebagian aku olah…tapi looo alah…aku lupa klo masih punya tiga potong iga yang ukurannya lumayan gede nangkring manis dipojokan freezer…, bingung motongnya pake apa secara aku ga punya sejenis golok buat motong tulang iganya dan biasanya iga itu paling enak klo diolah pake tulangnya….akhirnya aku diamin aja lah itu iga sampe hampir semingguan…sampe akhirnya aku nemu resep iga asam manis ini yg kebetulan dishare sama teman di wall Facebooknya…hehehehe, alhamdulilaaah….akhirnya keluar juga ini iga…

Iga Asam Manis
Cooked by: Rima Hidayah

Bahan:
500 gr iga sapi, rebus sampe empuk
200 ml air, saya gunakan air sisa rebusan iga
2 cm jahe, dikeprek
2 cm laos, dikeprek
Kecap manis secukupnya
1 sdm gula merah disisir halus
2 sdm air asam jawa

1 buah wortel potong korek api, 2buah tomat hijau potong jadi4 bagian
Minyak gorek untuk menumis

Bumbu halus:
7 buah cabe merah keriting ( aku cuma pake 2buah cabe merah besar, buang bersih bijinya buat anak-anak)
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam

Cara:
Tiriskan iga yang sudah direbus, tambahkan kecap manis, biarkan kecap meresap.
Tumis bumbu halus, lengkuas dan jahe hingga matang. Tambahkan gula merah dan air asam.
Masukkan iga, aduk rata., wortel dan potongan tomat
Tambahkan air. Biarkan matang hingga air habis.
Angkat dan sajikan.

Jika ingin rasa yang lebih pedas, bisa ditambahkan cabe rawit setan potong 2 bagian..

taraaa dan iga asam manis siap dihidangkan dengan sepiring nasi hangat…

 

2015-27-10--15-28-13

Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a Reply

