Posted in baking

Doughnut toping ala Jco

image

wiiii….keterlaluan niih…ternyata saya malas sekali mau posting di blog…, sudah hampir satu bulan saya bikin judul ini dan ternyata belum saya isikan sampai detik ini, hahahaha yaa akhirnya cuman ngendon jadi draft laah…*timpuksendiripakeoven* #plak

Padahal ini resep guampang banget loo…cuman tinggal cemplang cemplung tunggu satu jam lalu goreng dan taraaaa simsalabim kelar deh….hahaaha, cuman ya itu mau menuliskannya nih yang malasnya tingkat provinsi…hahahaha…
Oke lah biar cepet kelar saya langsung aja ya sharing resepnya…ini resep saya contek dari resepnya mbak Nikmatul Rosidah dari NCC, dougnut ga pake ribet dan super duper empuk hampir mirip donut Jco
Untuk sharing resepnya ada dibawah sini

Doughnut
320 g all purpse flour(protein sedang)diayak.
38 g unsalted butter,lembutkan dgn garpu
1 telur,suhu ruang
1/2 sdt garam
50 g gula pasir
150 Ml susu tawar.hangat
30 ml air hangat
1/4 sdt gula pasir
2,5 sdt Ragi roti.
Cara:
campur yeast dgn air hangat ,dan 1/4 sdt gula ,adau aduk sampai larut diamkan selama 5-8 menit sampai berbusa.
campur tepung dan garam dan semua sisa bahan ,aduk aduk hingga rata.lalu diamkan di mangkok tertutup samapi ukuran jadi 2 x lipat 
keluarkan adonan dengan sedikit taburi tepung.diatas telenan dgn rolling pin.pukul pukul spt gebukin kasur selama 5 menit lalu pipihkan ,dan bentuk,diamkan selama kurang lbh 1/2 jam,lalu goreng dgn api kecil/sedang.
tiriskan

untuk icingnya saya tidak pakai resep mbak Nikmatul…tapi saya coba eksperimen sendiri…

resep icing :
Setengah blok coklat putih merk colatta di tim (cara timnya saya Taruh dimangkok kaca lalu direbus dalam air mendidih dengan catatan airnya jangan sampai separuh dari tinggi mangkoknya) aduk-aduk sambil dicampur dengan dua sendok butter sampai tercampur, lalu setelah yakin tercampur sempurna matikan kompor lalu celupkan donut yang sudah digoreng tadi…ulangi hingga donut habis lalu bisa ditambah toping tambahan seperti meses atau gerusan kacang dan mede….pasti lebih yummy banget apalagi ditemani teh hangat manis…
hehehe…

Selamat mencoba…

Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a Reply

