Posted in cooking

Seblak…the Sundanesse Food…

beberapa hari ini rasanya banyak banget yang posting tentang seblak…, seblak nama yang asing buatku karena namanya seperti mempunyai makna “memukul” bagiku….trnyata seblak ini adalah makanan asal Bandung…oh pantesan aku ga pernah tau..hihihi, yang aku tau sih cuma siomay ma karedok aja yang dari Jawa Barat…hihihi *mangutmanggut*

Seblak ini katanya sih lagi booming banget…dan yang menakjubkan bagiku ternyata makanan ini berbahan baku kerupuk…walaaaah….jadi pengen bikin deh apalagi semua kerupuk bisa digunakan sebagai bahan bakunya..,meskipun di resep aselinya harusnya berbahan baku kerupuk aci atau kerupuk bawang…

Mudah, murah dan lezat…pas banget nih buat masakan tanggal tua…hahahahaha….oke ini dia bahan-bahanya…

Seblak Basah

Bahan:
100 g kerupuk sagu mentah, warna putih > aku pakai kerupuk makan yang warna putih
2 sdm minyak sayur
6 butir bakso sapi, iris tipis
1 butir telur ayam, kocok lepas
1 batang bawang daun, iris halus
seperempat kilo ceker ayam yang sudah
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam> aku skip
50 ml air
Bumbu, haluskan:
10 buah cabai rawit merah
3 siung bawang putih
3 cm kencur
2 butir bawang merah
Taburan:
Bawang merah goreng

Cara Membuat:
Rendam kerupuk dalam air panas hingga kenyal (± 10 menit), tiriskan. Sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.  Masukkan bakso sapi dan kerupuk yang sudah direndam, aduk rata.
Tuang telur kocok, aduk cepat hingga berserabut. Tambahkan bawang daun, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata.
Tuang air, masak sejenak hingga semua bahan matang. Angkat. Sajikan dengan bahan taburan.(f)

Untuk 6 porsi
135 Kkal

image

mudah bangetkan….., resepnya aku contek dari femina… bisa diklik disini

Dingin-dingin makan yang panas-panas dan pedas, bisa ditambah nasi putih atau langsung dimakan …..hmmmm sedaaap…

Advertisements

Author:

emak-emak yang rempong sendiri dengan urusan anak-anak, suami beserta isi rumahnya...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s